Loading icon
Buah Yang Baik Untuk Ginjal

Buah Yang Baik Untuk Ginjal

Share:

Buah Yang Baik Untuk Ginjal. Rutin minum air putih yang cukup sesuai kebutuhan tubuh termasuk salah satu cara menjaga kesehatan ginjal. Makan buah atau makanan lainnya yang mengandung terlalu banyak kalium dapat membuat zat tersebut sangat tinggi dalam darah.

Buah apel dengan rasa manis atau ada yang sedikit asam, memiliki kandungan kalium cukup rendah sehingga aman bagi ginjal. Nutrisi lain dalam apel juga diklaim efektif menurunkan kolesterol, mencegah konstipasi, mengurangi risiko kanker, dan komponennya anti-peradangan. Kemudian ada buah anggur merah, karena tinggi vitamin C, K, dan antioksidan untuk menurunkan risiko sakit ginjal. Selain melindungi ginjal, anggur merah mempunyai manfaat lain bagi kesehatan organ tubuh seperti jantung, hingga otak.

Nutrisi penting dalam buah ceri terdiri dari vitamin C, K, B6, folat, magnesium, dan sitrat, yang pastinya baik untuk ginjal.

6 Jenis Buah yang Jadi Obat Alami untuk Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Buah Yang Baik Untuk Ginjal. 6 Jenis Buah yang Jadi Obat Alami untuk Meningkatkan Kesehatan Ginjal

Pastikan juga buah yang dikonsumsi mengandung antioksidan, vitamin dan nutrisi lain dapat membantu meningkatkan kesehatan ginjal. Dilansir dari Medicine Net, berikut ini 6 jenis buah yang menjadi obat alami untuk meningkatkan kesehatan ginjal. Stroberi mengandung dua jenis fenol yang disebut dengan antosianin dan ellagitanin, di mana kandungan tersebut baik untuk meningkatkan fungsi ginjal.

Disamping itu, buah stroberi juga kaya akan antioksidan, yang membantu melindungi tubuh dari kerusakan oksidatif. Salah satu jenis buah beri ini kaya akan vitamin C, mangan, dan serat yang bagus .

Gagal Ginjal, Hipertensi dan Kolesterol Nyerah Sama Buah Ini

Buah Yang Baik Untuk Ginjal. Gagal Ginjal, Hipertensi dan Kolesterol Nyerah Sama Buah Ini

Jakarta, CNBC Indonesia - Gaya hidup yang tak sehat dapat menganggu kesehatan ginjal, hipertensi dan kolesterol. Namun beberapa jenis buah memiliki kandungan antioksidan, vitamin, dan mineral yang tinggi sehingga baik untuk penderita penyakit tertentu. Citrulline membantu tubuh memproduksi oksida nitrat, gas yang melemaskan pembuluh darah dan mendorong fleksibilitas di arteri.

Pengidap hipertensi bisa menikmati stroberi sebagai camilan di sela-sela jam makan utama, atau menjadikannya hidangan pencuci mulut yang sehat. Sebuah riset yang diterbitkan dalam Roczniki Panstwowego Zakladu Higieny (2014) mencatat kandungan flavonoid bisa mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas pada organ-organ penting seperti ginjal, jantung, hati, dan sebagainya. Apel merupakan buah yang baik untuk dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal, hipertensi dan kolesterol.

Sebab buah ini memiliki kandungan kalium yang rendah, selain itu apel juga mampu untuk menurunkan kadar koleterol serta glukosa dalam darah. Bukan itu saja, blueberry juga rendah natrium, fosfor, dan kalium, zat-zat yang perlu diwaspadai untuk orang dengan penyakit ginjal.

Hindari Makanan Ini yang Dapat Sebabkan Gagal Ginjal

Buah Yang Baik Untuk Ginjal. Hindari Makanan Ini yang Dapat Sebabkan Gagal Ginjal

“Terlalu banyak mengonsumsi makanan olahan, daging-dagingan, serta gula dapat menyebabkan gagal ginjal. Mulai dari alpukat, buah-buahan kering, pisang, jeruk, bit, brokoli, wortel, dan lain-lain, apalagi jika sudah mengidap gangguan ginjal sebelumnya.”.

Asidosis adalah suatu kondisi ketika ginjal tidak dapat menghilangkan asam dengan cukup cepat. Gula berkontribusi terhadap obesitas yang meningkatkan risiko terkena tekanan darah tinggi dan diabetes, dua penyebab utama penyakit ginjal. Karenanya, hindari penggunaan bumbu instan berlebihan, sereal sarapan, dan roti putih yang semuanya merupakan sumber gula olahan.

Meskipun buah-buahan umumnya sehat untuk dimasukkan ke dalam menu makanan, beberapa buah tertentu mengandung mineral tinggi yang mungkin perlu dibatasi.