Loading icon
Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh

Share:

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh. Diperkirakan orang dewasa dapat mengalami pilek setidaknya dua hingga tiga kali selama setahun. Hal ini dipengaruhi karena berbagai faktor, seperti sistem imun melemah, pergantian musim, dan paparan dari orang sekitar. Ketika tubuh terserang salah satu virus penyebab pilek, biasanya akan mereda kurang dari satu minggu. Sering kali pilek diiringi dengan batuk.

Kondisi ini merupakan salah satu refleks perlindungan tubuh. Batuk akan membantu tubuh untuk mengeluarkan lendir-lendir yang tertahan di tenggorokan. Lendir-lendir tersebut terjadi sebagai reaksi tubuh untuk melawan infeksi. Sebagai gantinya, seseorang yang mengalami hal ini akan merasakan perasaan lendir menetes ke bawah dari bagian belakang hidung.

Hal ini disebut post nasal drip.

Batuk Berdahak Tidak Kunjung Sembuh, Waspada 5 Penyakit Ini

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh. Batuk Berdahak Tidak Kunjung Sembuh, Waspada 5 Penyakit Ini

Namun, bila batuk berdahak tidak kunjung sembuh juga, hal itu bisa disebabkan oleh beberapa kondisi kesehatan.". Halodoc, Jakarta - Batuk adalah mekanisme pertahanan tubuh untuk membersihkan lendir, alergen, atau polutan, sehingga kamu tidak terus menerus menghirupnya.

Pasalnya, batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh bisa jadi menandai sejumlah penyakit berikut ini. Melansir dari Harvard Health Publishing, pengidap asma juga bisa ditandai dengan batuk berdahak tanpa mengi.

Kalau kamu mengidap batuk yang tidak kunjung sembuh, ada baiknya langsung periksakan diri ke dokter untuk diidentifikasi lebih lanjut. Sebelum mengunjungi rumah sakit, kamu bisa membuat janji dengan dokter terlebih dahulu lewat aplikasi Halodoc.

Nah, awal kemunculan penyakit paru-paru seringkali ditandai dengan batuk berdahak yang tidak kunjung sembuh. Ketika fungsi paru-paru menurun, tubuh tidak mampu membersihkan partikel yang masuk ke saluran udara dengan baik.

Tuberkulosis disebabkan oleh mycobacterium yang masuk ke dalam aliran darah dan kelenjar getah bening.

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh, Penyebabnya Bisa Karena Salah Mengonsumsi Obat

Jawabannya tentu ada beberapa penyebab yang mempengaruhi kondisi ini dan tentunya perlu diketahui setiap penderita untuk mengetahui penyebabnya. Batuk pilek yang tak kunjung lebih dari tiga bulan biasanya sudah dikategorikan oleh dokter sebagai penyakit kronis. Sedangkan untuk batuk pilek yang tergolong subakut akan dihitung jika dalam waktu tiga hingga delapan minggu tak juga sembuh.

Seseorang bahkan sudah disarankan untuk memulai memeriksakan diri saat dalam waktu tiga hingga empat minggu terlihat bahwa batuk pilek tidak mengindikasikan adanya perubahan. Baca Juga: Batuk Berdahak Sekaligus Hidung Meler, Bisa Jadi Bukan Bapil Biasa Lagi tapi Tanda Penyakit Serius Ini.

Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Awasi 5 Penyakit Ini

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh. Batuk Anak Tak Kunjung Sembuh? Awasi 5 Penyakit Ini

Halodoc, Jakarta - Si Kecil sedang atau pernah mengalami batuk kronis yang tak kunjung membaik? Lantas, apa saja sih penyakit yang bisa membuat batuk pada anak tak kunjung sembuh? Fase pertama dari batuk rejan ini adalah masa di mana infeksi akan sangat rentan menular. Penyebab batuk pada anak tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

Gejala paling umum dari penyakit ini adalah batuk yang tak kunjung sembuh dengan lendir dahak berwarna agak kuning atau hijau. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, dalam banyak kasus TBC bisa sebabkan kematian pada pengidapnya.

Nah, salah satu gejala umum dari TB adalah batuk yang terjadi secara terus (3 minggu atau lebih). Selanjutnya, bakteri ini akan menyerang ginjal, sumsum tulang belakang, dan otak, yang pada akhirnya TBC bisa mengakibatkan kematian.

Selain empat penyakit di atas, batuk tak kunjung sembuh juga bisa disebabkan oleh kondisi lainnya. Jika anak mengalami batuk dan tak kunjung sembuh juga, sebaiknya segera hubungi dokter di aplikasi Halodoc.

Ketika Anak Tak Kunjung Sembuh dari Batuk Pilek, Ini Kata Dokter

Batuk Pilek Tak Kunjung Sembuh. Ketika Anak Tak Kunjung Sembuh dari Batuk Pilek, Ini Kata Dokter

- Batuk dan pilek pada anak biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun ada kalanya dua kondisi ini tak kunjung sembuh dalam waktu yang cukup lama. Jika demikian, apa yang bisa dilakukan orang tua?Disampaikan oleh dr Cissy B. Kartasasmita, SpA(K), saat anak pilek dan tak sembuh-sembuh, langkah pertama yang perlu dilakukan orang tua adalah mencari kemungkinan apakah pilek anak disebabkan oleh alergi. "Pilek biasa akibat virus itu biasanya tiga sampai lima hari akan hilang dengan sendirinya. Jika daya tahan tubuh anak sedang tidak bagus, bisa lebih lama lagi, bisa sampai dua minggu," ujar dr Cissy kepadaJika pilek terjadi lebih dari jangka waktu tersebut, maka perlu dicari tahu apakah pilek berkepanjangan ini adalah akibat dari faktor lain. Umumnya sih alergi udara," imbuh dokter spesialis anak dari Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Padjadjaran tersebut.Untuk batuk yang tak kunjung sembuh alias kronik dan berulang, umumnya terjadi sebanyak lebih dari tiga kali dalam dua bulan.

Batuk berkepanjangan menurut dr Cissy tak bisa diabaikan dan perlu dicari tahu segera penyebabnya. "Batuk lama tidak sembuh dan makin mengganggu, lalu demam lebih dari dua sampai tiga pekan tanpa tahu penyebabnya, ada kelenjar-kelenjar, berat badan tidak naik padahal asupan gizinya sudah baik, ini berarti ada sesuatu. Tanda seperti ini biasanya menjurus ke TB, harus dicek," tutur dr Cissy.Batuk biasa akibat virus biasanya bisa hilang dengan sendirinya, terutama jika daya tahan tubuh anak diperkuat dengan asupan nutrisi yang baik. Untuk anak berusia di bawah enam bulan, imun bisa ditingkatkan dengan pemberian air susu ibu (ASI) yang banyak.