Loading icon
Hilang Indera Perasa Dan Penciuman

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman

Share:

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. Yuk, simak berbagai penyebab indra penciuman dan perasa hilang agar kamu bisa melakukan penanganan yang tepat! Tidak ada salahnya untuk melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit agar penyebab anosmia yang kamu alami dapat segera diketahui. Polip hidung terjadi ketika selaput lendir atau membran mukosa dari saluran pernapasan dan sinus mengalami peradangan. Antibodi ini menyebabkan munculnya histamin yang memicu gejala alergi, seperti hidung tersumbat, batuk, dan mata berair serta gatal. Menurut Stanley Schwartz, MD, Ph.D, seorang kepala divisi Allergy Immunology Rheumatology di University at Buffalo Jacobs School, saraf yang menyalurkan indra penciuman ke otak terdapat dalam hidung, maka, saat hidung mengalami gangguan, kondisi saraf bisa terganggu dan menyebabkan penurunan indra penciuman. Menurut Rachel Kaye, MD, asisten profesor dan kepala Laryngology Voice, Airways, and Swallowing Disorder di Rutgers University, kondisi ini terjadi untuk sementara hingga iritasi dapat diatasi dengan baik.

Selama perawatan di rumah, kamu bisa melakukan latihan penciuman dengan mencium jenis aroma tertentu, seperti mint, jahe, jeruk, atau vanila.

3 Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Penciuman yang Hilang Akibat COVID-19

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. 3 Cara Mengembalikan Indra Perasa dan Penciuman yang Hilang Akibat COVID-19

Kehilangan indra penciuman dan perasa atau anosmia menjadi salah satu gejala terkena COVID-19. "Pengobatan anosmia dibantu atau stimulasi dengan bau menyengat, namun belum ada penelitian. Biasanya gejala akan hilang sendiri," jelasnya dalam webinar live di Instagram @radiokesehatan, Selasa (13/7/2021),.

Selain dari pernyataan dokter Riyadi tersebut, detikhealth memberikan beberapa cara mengembalikan indra penciuman dan perasa yang dapat Anda lakukan di rumah. Membilas bagian dalam hidung dengan larutan garam dapat membantu jika indra penciuman dipengaruhi oleh infeksi atau alergi.

Berdiri di depan wastafel, tekuk telapak tangan Anda dan tuangkan sedikit larutan ke dalamnya.

Pada Varian Omicron, Gejala Kehilangan Penciuman dan Indera Perasa Tidak Umum Terjadi

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. Pada Varian Omicron, Gejala Kehilangan Penciuman dan Indera Perasa Tidak Umum Terjadi

Dulu, salah satu gejala yang umum saat terserang Covid-19 adalah kehilangan penciuman dan indera perasa. Sementara gejala seperti pilek, bersin, dan sakit tenggorokan, menjadi lebih umum, terutama di antara orang yang telah divaksinasi Covid-19.

Saat Omicron, hal itu tampaknya tidak banyak dilaporkan,” kata Dr Andy Pekosz, ahli virologi di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health. Mengutip Healthline, gejala Covid-19 berupa kehilangan penciuman dan indera perasa itu cenderung lebih rentan dialami oleh perempuan. “Mengapa kelompok termuda dan tertua melaporkan lebih sedikit kehilangan indera perasa dari pada orang dewasa paruh baya saat ini tidak diketahui,” tulis mereka. Sementara studi lainnya, menemukan bahwa ada kemungkinan hubungan antara genetika dengan gejala kehilangan penciuman dan indera perasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kehilangan Penciuman dan Indera Perasa Tidak Umum pada Varian Omicron".

Gejala virus corona: Kehilangan indera penciuman dan indera perasa 'bisa jadi tanda infeksi Covid-19'

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. Gejala virus corona: Kehilangan indera penciuman dan indera perasa 'bisa jadi tanda infeksi Covid-19'

Sekelompok peneliti di King's College London, Inggris meneliti respons dari sekitar 400.000 orang yang melaporkan gejala-gejala yang dicurigai sebagai Covid-19 dari sebuah aplikasi daring. Jika Anda tinggal bersama dengan seseorang yang batuk terus menerus atau mengalami suhu badan tinggi, sarannya adalah tinggal di rumah agar mencegah penyebaran virus kepada orang lain. Peneliti di King's College berupaya mengumpulkan informasi tentang kemungkinan gejala Covid-19 untuk membantu para ahli memahami lebih baik penyakit ini dan memeranginya. Dari 400.000 orang ini, 1.702 diantaranya mengatakan mereka telah dites Covid-19, dengan hasil 579 positif dan 1.123 negatif.

Di antara mereka yang dipastikan terinfeksi virus corona lewat tes, hampir dua pertiganya (59%) melaporkan kehilangan indera penciuman dan perasa.

6 Cara Menyembuhkan Indera Penciuman yang Hilang Karena Sakit

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. 6 Cara Menyembuhkan Indera Penciuman yang Hilang Karena Sakit

Menyembuhkan indera penciuman yang hilang akibat penyakit atau anosmia memang menjadi PR tersendiri. Anosmia bisa terjadi karena berbagai penyebab misalnya Covid-19, alergi, batuk dan pilek, sampai sinusitis. Hanya saja anosmia karena covid-19 disebut bisa kembali seperti semula ketika pasien sudah sembuh total.

Mengutip berbagai sumber, membersihkan bagian dalam hidung dengan air garam bisa membantu mengembalikan penciuman. Hanya saja ini berlaku untuk anosmia yang disebabkan oleh infeksi atau alergi. Cara mengobati anosmia secara alami dapat dilakukan dengan terapi bau untuk mengasah kepekaan indera penciuman. Minum ramuan tersebut selagi masih panas, dua kali sehari untuk mengembalikan indra penciuman.

Selain itu, sebagai ekspektoran alami, ini juga menunjukkan sifat anti-mikroba dan pereda nyeri yang ampuh yang membantu mengobati infeksi di saluran hidung dan membersihkan partikel rematik dari hidung.

5 Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Ampuh Atasi Gejala Covid-19

Hilang Indera Perasa Dan Penciuman. 5 Cara Mengembalikan Indra Penciuman, Ampuh Atasi Gejala Covid-19

Ada dua jenis bau yang tidak bisa dikenali oleh pasien Covid-19, yaitu minyak kelapa dan aroma peppermint. Mengonsumsi bawang putih secara rutin dapat mengembalikan indra perasa yang hilang di jalur napas dan rongga mulut. Selain itu, rempah yang satu ini juga bermanfaat untuk meningkatkan fungsi indra penciuman, serta membersihkan hidung tersumbat.

Untuk memulihkan kondisi tubuh yang terpapar virus Covid-19, pastikan Anda mencampur cabai ke dalam secangkir air, lalu tambahkan madu. Membersihkan bagian dalam atau saluran hidung juga dapat Anda lakukan sebagai cara memulihkan indra penciuman yang efektif.