Loading icon
Penyebab Sel Darah Putih Tinggi

Penyebab Sel Darah Putih Tinggi

Share:

Penyebab Sel Darah Putih Tinggi. Kelebihan sel darah putih dalam tubuh bisa menjadi tanda adanya ketidakseimbangan dan gangguan yang terjadi. Jika tidak ditangani dengan tepat dan segera, kelebihan sel darah putih bisa menjadi satu hal yang berbahaya. Kondisi di mana tubuh memproduksi sel darah putih lebih banyak dari kadar normal disebut dengan leukositosis.

Ternyata, ada beberapa hal yang bisa menjadi pemicu naiknya jumlah sel darah putih dalam tubuh. Pada dasarnya, peningkatan jumlah produksi sel darah putih merupakan cara tubuh dalam melawan serangan dari luar yang dianggap berbahaya.

Selain itu, gaya hidup ternyata juga bisa menjadi penyebab naiknya jumlah sel darah putih, yaitu kebiasaan merokok dan tidak menjaga kesehatan dengan baik. Jika dalam pemeriksaan disebutkan bahwa tubuh memproduksi sel darah putih secara berlebih, kamu harus waspada.

Peningkatan kadar sel darah putih bisa menjadi tanda adanya infeksi akibat virus atau bakteri. Untuk mengetahui dan memastikan penyebab naiknya jumlah sel darah putih, segera lakukan pemeriksaan ke dokter.

Kadar Leukosit Meningkat, Mungkin Ini Penyebabnya

Penyebab Sel Darah Putih Tinggi. Kadar Leukosit Meningkat, Mungkin Ini Penyebabnya

Halodoc, Jakarta – Meningkatnya kadar leukosit alias sel darah putih adalah hal yang tidak boleh dianggap sepele. Pasalnya, kondisi ini bisa menjadi tanda bahwa ada yang tidak beres pada tubuh. Leukosit berasal dari sumsum tulang kemudian beredar di seluruh aliran darah yang merupakan bagian penting dalam sistem kekebalan tubuh. Ada faktor lain yang juga bisa memicu kondisi ini, seperti stres berat, alergi, masalah psikis, serta kebiasaan merokok.

Kondisi ini juga bisa memicu rasa pusing, kehilangan kesadaran, memar, perdarahan, hingga kesulitan bernapas dan gangguan konsentrasi. Maka dari itu, sangat penting untuk selalu melakukan pemeriksaan ke dokter jika mengalami gejala atau perubahan pada kondisi tubuh.

Bila leukosit tinggi terjadi karena keganasan darah, diperlukan kemoterapi agar kondisi penyakit dapat terkendali. Jika ragu dengan gejala yang muncul dan butuh saran ahli, kamu bisa coba gunakan aplikasi Halodoc.

Leukosit Tinggi (Leukositosis): Gejala, Penyebab, Penanganan

Penyebab Sel Darah Putih Tinggi. Leukosit Tinggi (Leukositosis): Gejala, Penyebab, Penanganan

Leukositosis adalah tingginya sel darah putih (leukosit) di atas kadar normal. Peningkatan ini bisa menunjukkan adanya reaksi tubuh terhadap infeksi dan peradangan. Sel darah putih berperan penting pada proses kekebalan tubuh (imun). Menurut American Associaton of Family Physician (AAFP), di bawah ini kadar normal leukosit berdasarkan usia. Umumnya, leukositosis serius yang perlu dikhawatirkan adalah jika jumlah sel darah putih naik sampai di atas 100.000/mcL. Leukosit tinggi paling sering disebabkan oleh infeksi atau peradangan pada sumsum tulang.

Dalam beberapa kasus, leukosit tinggi adalah tanda penyakit sumsum tulang yang lebih serius, seperti leukemia.

Penyebab Leukosit Tinggi pada Bayi dan Cara Menurunkannya

Penyebab Sel Darah Putih Tinggi. Penyebab Leukosit Tinggi pada Bayi dan Cara Menurunkannya

Kondisi ini dapat dipicu oleh beberapa gangguan kesehatan seperti infeksi, kerusakan di sumsum tulang, ataupun kelainan sistem imun. Dokter biasanya dapat mengetahui jenis dengan jumlah yang lebih tinggi dari normal, setelah pasien menjalani pemeriksaan darah. Berikut ini jenis sel darah putih yang dimaksud dan penyakit penyebab kenaikan jumlahnya. Kondisi monositosis (saat nilai monosit melebihi normal) bisa dibilang lebih jarang terjadi dibanding dengan gangguan sel darah putih lainnya. Saat jumlah basofil melonjak melebihi normal, maka di dalam tubuh sedang terjadi suatu kondisi yang dinamakan basofilia. Tidak ada gejala spesifik saat kadar leukosit di tubuh bertambah hingga lebih dari normal.

Namun secara umum, beberapa kondisi di bawah ini kerap muncul pada pasien yang mengalami leukositosis. Setelah penyakit tersebut diobati, maka kadar sel darah putih dalam tubuh juga akan berangsur-angsur pulih. Beberapa pilihan perawatan untuk menurunkan leukosit tinggi pada bayi antara lain:. Kondisi ini disebut sebagai hyperviscosity syndrome dan merupakan kegawatdaruratan medis yang harus segera ditangani.