Loading icon
Jam Berapa Ibu Hamil Boleh Tidur Pagi

Jam Berapa Ibu Hamil Boleh Tidur Pagi

Share:

Terlebih para ibu hamil biasanya masih harus tetap melakukan aktivitas-aktivitas lain, seperti bekerja, mengurus pekerjaan rumah, dan sebagainya. Menurut studi yang dirilis oleh Pakistan Journal of Medical Sciences, gangguan tidur seperti insomnia memang umum terjadi pada wanita hamil.

Studi dari American Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 2004 menyebutkan bahwa wanita hamil yang hanya tidur selama 6 jam atau kurang, lebih berisiko untuk melahirkan secara caesar. Sementara bagi janin, dampak dari waktu tidur yang kurang bisa menyebabkan kurangnya kadar oksigen dalam jaringan tubuhnya. Menurut penelitian yang dilansir dalam jurnal Birth Issues in Perinatal Care tahun 2019, wanita hamil tidur selama lebih dari 9 jam dengan posisi menghadap kanan berisiko mengalami bayi lahir mati (stillbirth). Sebagaimana dilansir dari Kids Health, kondisi tersebut juga disebabkan oleh faktor-faktor lain, seperti asam lambung naik, bolak-balik ke toilet untuk buang air kecil, jantung berdebar-debar, sesak napas, dan nyeri punggung.

6 Efek Tidur Pagi Saat Hamil, Bahaya jika Berlebihan!

6 Efek Tidur Pagi Saat Hamil, Bahaya jika Berlebihan!

Menurut studi yang dirilis oleh Pakistan Journal of Medical Science, gangguan tidur seperti insomnia memang umum terjadi pada ibu hamil. Makanya, Bunda justru dianjurkan untuk mengganti jam tidur yang kurang di malam hari akibat insomnia atau sleep apnea. Studi dari American Journal of Obstetric and Gynecology menyebutkan bahwa ibu hamil yang hanya tidur selama 6 jam atau kurang, lebih berisiko melahirkan caesar.

Menurut jurnal penelitian, ibu hamil yang tidur selama lebih dari 9 jam dengan posisi menghadap kanan berisiko mengalami bayi lahir mati. Namun perlu dicatat, bahwa kebiasaan tidur pagi ibu hamil tidak berhubungan langsung dengan kelainan pada bayi.

Misalnya, ada mitos menyebut bahwa efek tidur pagi saat hamil adalah bayi akan lahir dengan hidrosefalus.

Jam Berapa Ibu Hamil Boleh Tidur Pagi ?

Salah satu mitos yang paling banyak berkembang adalah bahwa ibu hamil tidak boleh tidur di pagi hari. Sebenarnya menurut National Sleep Foundation hingga 78% ibu melakukan laporan dimana mereka mengalami gangguan tidur selama kehamilan.

Menjawab pertanyaan atau mitos yang sering kali ditanyakan bagaimana jika ibu hamil tidur dalam pagi hari. Sebenarnya tidak ada penelitian yang menjelaskan ketentuan tersebut ketakutan akan adanya peningkatan sel darah putih, serta dapat mengganggu tumbuh kembang janin.

Sebenarnya bagi ibu hamil yang merasakan waktu kurang tidur, terutama ketika malam hari begadang dan mengalami kecemasan. Mungkin akan mengganggu kondisi fisik anda ataupun perasaan kurang tidur yang beralih pada bentuk lain.

Ada beberapa jam yang harus ditentukan untuk para ibu agar bisa beristirahat setelah mengalami gangguan tidur. Apabila anda sudah merasakan adanya kontraksi palsu dan berusaha untuk tidur kembali, namun tidak bisa.

Dengan mengganti waktu istirahat yang sudah hilang karena adanya rasa mual dan juga sakit pada bagian perut.

Kenapa Ibu Menyusui Tidak Boleh Tidur Pagi? Cek Faktanya yuk!

Kenapa Ibu Menyusui Tidak Boleh Tidur Pagi? Cek Faktanya yuk!

Beberapa orang meyakini seorang ibu tidak boleh tidur pagi atau siang setelah melahirkan selama 40 hari. Dipercaya tidur setelah melahirkan bisa membuat sel-sel darah putih naik ke kepala dan sehingga dapat menyebabkan kebutaan.

Namun, hal ini nyatanya dibantah oleh banyak ahli medis, salah satunya dr. Prima Progestian, SpOG dari RS Brawijaya Jakarta. Hal ini terjadi karena saat Mama kurang tidur, tubuh akan memproduksi hormon kortisol yang dapat menghambat produksi ASI.

Bayi mempunyai jam tidur lebih banyak daripada orang dewasa dan ini penting untuk perkembangan otaknya. Menurut Robin Berzin, MD (Doctor & Founder Of Parsley Health) stres juga menjadi racun berbahaya yang dihadapi tubuh setiap hari.

Untuk mendapatkan manfaat dan relaksasi terbaik, cobalah beristirahat dengan menggunakan Relaxing Massage Oil dari Mama’s Choice. Untuk itu, tak ada salahnya Mama mencoba alternatif memijat tubuh atau menggunakan aromaterapi dengan minyak lavender.

Umumnya, bayi akan memiliki waktu tidur di malam hari lebih lama, mulai dari usia 3-6 bulan.

Kenapa Ibu Hamil Disarankan untuk Jalan Pagi

Kenapa Ibu Hamil Disarankan untuk Jalan Pagi

Jalan kaki adalah latihan bermanfaat yang dapat membantu ibu menghilangkan ketidaknyamanan selama masa kehamilan. Berjalan teratur selama masa kehamilan dapat mengurangi risiko keguguran, cacat lahir, obesitas, bahkan diabetes gestasional.

Berhati-hati terhadap perut yang membesar karena ini akan membuat langkah ibu hamil semakin sulit. Jangan memaksakan diri untuk menyelesiakan latihan kalau ibu merasa tidak nyaman atau terlalu lelah.

Jangan jalan pagi di tempat yang terlalu ramai sehingga ibu harus banyak berupaya menghindari keramaian pejalan kaki atau pengendara. Bawalah bekal air minum dan handuk supaya jalan pagi ibu tidak terganggu rasa haus ataupun keringat. Kalau ingin tahu lebih banyak kenapa ibu hamil disarankan jalan pagi, bisa tanyakan langsung ke Halodoc.

Inilah manfaat tidur siang bagi ibu hamil

Inilah manfaat tidur siang bagi ibu hamil

Mereka menemukan bahwa ibu hamil yang secara teratur tidur siang antara 60 dan 90 menit memiliki kemungkinan 29% lebih kecil untuk memiliki bayi dengan berat badan lahir rendah dibandingkan dengan ibu yang tidak tidur siang. Mereka juga menemukan bahwa tidur siang lima hingga tujuh hari seminggu mengurangi kemungkinan melahirkan bayi dengan berat badan lahir rendah sebesar 22%.

Pengaruh tidur siang untuk ibu hamil juga bermanfaat pada kebugaran tubuh. Seorang ibu hamil yang tidur siang secara rutin akan merasakan tubuh menjadi lebih nyaman. Namun yang perlu diperhatikan, tidur siang haruslah berkualitas, meski kurang dari sejam.

Ini Dia, Waktu Terbaik Minum Susu Hamil

Ini Dia, Waktu Terbaik Minum Susu Hamil

Susu ibu hamil adalah asupan wajib yang harus dipenuhi untuk memenuhi kebutuhan gizi Anda dan juga bayi dalam kandungan. Susu juga dianggap sebagai makanan lengkap karena kaya akan protein, lemak, karbohidrat, dan semua vitamin serta mineral penting untuk menjaga kesehatan. Namun jika Anda ingin membuat tidur lebih baik dan meningkatkan memori janin, bisa meminum susu ibu hamil ketika malam hari. Waktu minum susu ibu hamil sebaiknya dilakukan ketika malam hari sebelum tidur, saat meminumnnya pun tidak bisa sembarangan. Waktu terbaik pertama meminum susu ibu hamil adalah ketika trimester 1 karena pada saat ini, perkembangan janin sangat pesat. Semua nutrisi ini akan membantu dalam mendukung pertumbuhan berat badan janin, tulang, gigi, hingga kecerdasan otak anak.

Prenagen Mommy memiliki varian rasa French Vanilla, Velvety Chocolate, Lovely Strawberry, Groovy Mocha, dan Delicious Mung Bean.

[HOAKS] Tidur Siang Setelah Melahirkan Dapat Menyebabkan Darah Putih Naik Ke Mata

[HOAKS] Tidur Siang Setelah Melahirkan Dapat Menyebabkan Darah Putih Naik Ke Mata

× Translate Page. Disclaimer: You are using Google Translate.

The Ministry of CI is not responsible for the accuracy of information in the translated language. Powered by Google. Disclaimer: Anda menggunakan Google Translate.

Kementerian Kominfo tidak bertanggung jawab atas keakuratan informasi dalam bahasa diterjemahkan.